Fresh and Brite 2018 Awarding – Best Film

Fresh ‘n Brite atau yang lebih dikenal dengan sebutan FnB, merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh School of Design, Binus University. Kegiatan ini pun sudah diakui sebagai salah satu acara yang berpengaruh bagi pendidikan desain di Indonesia, sejak acara ini mulai diadakan pada tahun 2004. Acara ini diinisiasi sebagai ajang pameran karya Tugas Akhir terbaik dari para mahasiswa Schoolof Design, yang merupakan“jembatan penghubung” antara para pelaku industri dengan mahasiswa lulusan terbaik dari School of Design.

Fresh ‘n Brite dapat dikatakan sebagai suatu fase transisi dari ruang lingkup pendidikan menuju dunia kerja profesional. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan banyak dihadiri oleh masyarakat luas dari berbagai lapisan, seperti rekan akademisi, praktisi dari industri, serta perwakilan dari institusi lainnya.

School of Design memiliki 6 program pendidikan yang menjadi andalan, yakni jurusan Desain Komunikasi Visual dengan program peminatan New Media, Animation dan Creative Advertising, jurusan Desain Interior dengan program peminatan Interior dan Furniture, serta jurusan Film. Dengan keberagaman studi yang ada ini, tentunya dapat memberikan berbagai perspektif baru dalam dunia desain, khususnya dalam lingkup pendidikan.

Beberapa hal yang ingin dicapai dalam kegiatan ini antara lain:

  • Menjadi “jembatan penghubung” antara pelaku industri kreatif dengan para mahasiswa lulusan terbaik School of Design, agar dapat saling berinteraksi, bertukar informasi ataupun diskusi terkait rencana kerjasama.
  • Membantu para pelaku industri kreatif untuk mendapatkan sumber daya kreatif terbaik yang ada di School of Design, Binus University.
  • Sebagai wadah diskusi antara akademisi dengan praktisi guna mengembangkan potensi dunia kreatif yang lebih baik di Indonesia.
  • Menjadi sumber inspirasi dalam bidang desain dan kreatif, dengan menampilkan karya-karya inspiratif dengan gagasan yang cemerlang dan inovatif.
  • Menumbuhkan dan membangun apresiasi masyarakat terhadap bidang desain dan kreatif, dengan mengarahkan mereka untuk menikmati secara langsung pengalaman edukatif dan kreatifitas.

Tahun ini, kategori best film dimenangkan oleh Luthfi Pradita dengan judul filmnya Darsavara. Film ini merupakan thesis yang berjudul Ambient Music to Enhance Emotion in Short Film. Case Study: “Darsavara”. Film ini disutradarai oleh Lutfhi Pradita dan diproduseri oleh Syagi yang juga merupakan teman seangkatannya di Binus Film, School of Design.

The film is an audiovisual medium of art, meaning that audio and visual aspect correlates each other to create a certain mood, emotion, atmosphere, or to convey the messages to the audience from the filmmakers. This thesis will discuss more into the audio aspect, specifically more into the music scoring in film, and how it might Enhance the emotion supported by the visual aspect of the film and vice versa. Specifically, in this thesis, the author will discuss how the music genre of “ambient” might be used in a short film to enhance emotion in the short film, which is the case study of the case study of the thesis. This thesis is to show the audience whether ambient music could enhance emotion in a different way in the film.

Selamat Lutfhi!

Meilani